Kamis, 05 April 2018

Ini Cara Mencegah dan Mengatasi Mesin Motor Overheating

Ini Cara Mencegah dan Mengatasi Mesin Motor Overheating

1. Oli tidak mengalir dan clearance piston yang terlalu rapat
Menurut dia sedikitnya ada dua faktor utama yang menyebabkan mesin mengalami panas yang berlebih. Pertama adalah, oli yang tidak terdistribusi atau mengalir dengan baik. Kedua, seher atau piston yang berada di liner silinder terlalu rapat sehingga seher dan piston tidak bisa begerak leluasa alias macet.
Bila motor dipaksa terus berjalan, maka piston akan patah atau blok mesin terluka atau bahkan jebol. “Biasanya itu terjadi setelah nesin di-bore up dan ukuran diameter blok dan besaran piston tidak pas. Terlebih, pada saat mesin overheat piston juga memuai, sehingga gerakkan piston makin macet,” papar Agus.
Sementara, bila penyebabnya oli yang tidak terdisitribusi atau tidakmengalir dengfan baik maka akan menimbulkan kerusakkan pada noken as. Selain itu, piston, laher kruk as dan giboks juga akan rusak. Sebab, komponen itu tetap bekerja dalam kondisi panas dan tanpa pelumasan oli.
Kalau semua komponen itu rusak, maka siap-siaplah mengeluarkan dana yang cukup besar,” kata Agus.
2. Cara mengatasi
Bila masalah itu terjadi pada motor Anda, tenanglah jangan panik. Langkah pertama yang wajib anda lakukan adalah segera mematik motor dan bawalah motor ke tempat yang sepi dan gunakan standar tengah.
Bila gejala yang Anda rasakan mesin motor masih aktif namun tidak mau jalan. Berarti kemungkinan besar seher dan piston terkunci. Oleh karena itu matikan mesin dan biarkan hingga mesin dingin.
Tetapi satu hal yang harus diingat jangan mendinginkan mesin dengan cairan apapun. Biarkan mesin dingin secara alamiah, hingga suhu benar-benar dingin. “Setelah mesin dingin, lepaslah busi. Kemudian, masukkan oli yang masih baru sebanyak sepuluh tetes atau setengah sendok makan melalui lubang busi,” kata Agus.
Hal itu dimaksudkan sebagai jalur pintas untuk melumasi piston atau seher yang mampat karena tersumbat tersebut. Setelah tetesan oli dirasa cukup, kemudian lakukan pemanasan mesin dengan hati-hati.
Caranya hidupkan mesin dengan starter otomatis atau electric starter satu hingga tiga menit. Hal itu dimaksudkan agar oli yang kita masukkan melalui lubang busi bisa merembes melumasi piston atau seher, sehingga mereka kembali bergerak. Tapi ingat jangan memasukkan gigi persneling dulu.
Ulangi cara itu beberapa kali untuk memastikan oli benar-benar melumasi komponen tersebut. Setelah tahap terakhir selesai dilakukan Anda boleh mencoba memasukkan gigi pada posisi gigi satu.
Kemudian tarik tuas gas perlahan. Bila roda belakang motor telah bergerak berarti piston telah bergerak dan Anda menunggangi motor itu lagi
3. Cara pencegahan
Cara untuk mencegah mesin overheat sejatinya cukup mudah. Kuncinya hanya kemauan dan ketelanan Anda saja. Bila sepeda motor menggunakan sistem pendinginan dengan cairan, maka gantilah cairan coolant secara teratur. Minimal satu tahun sekali.
Sementara, bila motor Anda merupakan motor yang menggunakan sistem pendinginan udara, maka rajin-rajinlah membersihkan radiator. Bila usia motor telah mencapai lima tahun lebih, maka ada baiknya menambahi radiator dengan kipas. “Penempatannya bisa di depan atau di belakang radiator,” ujar Agus.
Namun, satu hal yang sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan adalah rajin dan disiplin mengganti oli mesin. Pasalnya, oli selain berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin juga mendinginkan komponen tersebut saat mereka bergesekan satu dengan yang lain.
Bahkan oli juga berfungsi untuk menghilangkan kotoran atau kerak hasil sisa pembakaran, oksidasi di dalam mesin, maupun debu di dalam mesin. Semua partikel tersebut bila tidak dibersihkan akan menjadi piston dan seher tersumbat, akibatnya mesin menjadi panas berlebih.
PT.Sinartech Multi Engineering juga menerima Jasa seperti :
  • Jasa CNC Milling
  • Jasa Perbaikan Mesin Bubut
  • Jasa Fabrikasi Mesin Industri
  • Jasa Bubut Baut & Mur Custom
  • Jasa Pembuatan Gear Khusus dengan Mesin Bubut
  • Jasa Wire Cut EDM / CNC
  • Jasa Machining CNC
  • Jasa Repair Mold Plastik
  • Jasa Stamping Spare Part Industri
  • Jasa Change Parts Mesin Farmasi
  • Jasa Mass Production CNC Bubut & Milling
  • Jasa Bubut Turret
  • Jasa Pembuatan Spare Parts Pertambangan
  • Jasa Roll Plat
  • Jasa Las
  • dan lainnya
Kami juga Menerima Pesanan, seperti :
– Barang Bubutan, Milling, Rakitan mesin, Mesin Press, Scrap, Mesin Rol, Las Listrik, DLL
Bengkel Bubut PT. Sinartech Multi Engineering
Manufacture – Engineering – Contractor – Technical Supplier
Jl. KL, Yos Sudarso KM 10.5 No. 50
Kota Bangun Medan – Sumut
Phone     : (061) 42068877 / 42068231
Hp / WA : 0853-2020-2069
Fax         : (061) 42068877 / 42068231
Email     : pt.sinartech.me@gmail.com
Website : workshop.myartikel.com
Facebook : https://www.facebook.com/sinartechmultiengineering

Tidak ada komentar:

Posting Komentar